Amal Ilmiah YAPIS Wamena

Sejarah

Didorong oleh keinginan untuk membantu Pemerintah dan masyarakat dalam menyediakan pendidikan tinggi , serta kesadaran bahwa pendidikan tinggi bukan hanya tanggung jawab pemerintah melainkan juga tanggung jawab masyarakat. Pada tahun 1996 Yayasan Pendidikan Islam (Yayasan Pendidikan Islam) mengajukan permohonan resmi kepada pemerintah Kabupaten Jayawijaya agar diberikan rekomendasi mendirikan perguruan tinggi.

      Pada awal tahun 1999, pemerintah daerah memberikan lampu hijau bagi pendirian Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Amal Ilmiah Yayasan Pendidikan Islam Wamena dan pihak Yayasan Pendidikan Islam Cabang kabupaten Jayawijaya menanggapi hal tersebut. Yayasan Pendidikan Islam cabang kabupaten Jayawijaya mengadakan pertemuan dengan pemuka agama, tokoh masyarakat, unsur pemerintah  serta pemerhati pendidikan pada tanggal 14 Februari 1999, bertempat di aula Yayasan Pendidikan Islam . pertemuan tersebut membahas tentang akan didirikannya Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Amal Ilmiah Yayasan Pendidikan Islam Wamena dan persiapan – persiapannya. Dalam pertemuan tersebut diputuskan untuk membentuk tim kecil berjumlah 11 orang dengan tugas antara lain: (1) melakukan studi kelayakan, (2) menyusun RIP dan Statuta, dan (3) menyiapkan struktur organisasi STIA Amal Ilmiah Yayasan Pendidikan Islam Wamena. Pembentukan tim 11 ini tertuang dalam SK Pengurus Yayasan Pendidikan Islam Cabang kabupaten Jayawijaya Nomor : 12/YAYASAN PENDIDIKAN ISLAM-JWY/VII/1999 tertanggal 15 Februari 1999.

Secara resmi Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Amal Ilmiah Yayasan Pendidikan Islam Wamena didirikan berdasarkan Surat Rekomendasi Yayasan pendidikan Islam Pusat Papua Nomor : 89/6/YAPIS/1999 tanggal 2 Juni 1999. Dalam perkembangannya STIA Amal Ilmiah Yayasan Pendidikan Islam Wamena terus berupaya mengembangkan kelembagaan. Maka pada tahun 2012 STIA berubah menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISIP) Amal Ilmiah Yayasan Pendidikan Islam Wamena berdasarkan SK Dikti No. 317/E/O/2012 tanggal 14 September 2012. Sejalan dengan perubahan kelembagaan diikuti juga dengan penambahan 2 program studi baru, yaitu Program Studi Ilmu Pemerintahan S1 dan Program Studi Administrasi Bisnis S1.

Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISIP) Amal Ilmiah Yayasan Pendidikan Islam  Wamena melalui kegiatan operasionalnya sejak 1 Oktober 2003 dengan ijin operasional Nomor : 161/D/O/1999 tanggal 1 Oktober 1999 yang saat ini masih dibawah Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Amal Ilmiah Yayasan Pendidikan Islam Wamena dengan membuka 2 program studi Administrasi Negara yang telah terakreditasi oleh BAN-PT SK Nomor : 022/BAN-PT/Ak-XII/S!/IV/2009 tanggal 2 April 2009 dengan mendapat peringkat C nilai 296 dan Administrasi Bisnis (D3), sehingga sampai saat ini STISIP Amal Ilmiah Yapis Wamena memiliki 4 (empat) program studi terdiri dari : 1).Program studi Administrasi Negara. 2). Program studi Administrasi Niaga (D3). 3). Program Studi Ilmu Pemerintahan.  4). Program Studi Administrasi Bisnis (S1).

Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISIP) Amal Ilmiah Yayasan Pendidikan Islam Wamena merupakan satu – satunya perguruan tinggi islam yang ada di wilayah pegunungan tengah yang melakukan pendidikan tinggi.