Amal Ilmiah YAPIS Wamena

STISIP Amal Ilmiah YAPIS Wamena Gelar Simposium Nasional

WAMENA – Bertempat di kampus Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISIP) Amal Ilmiah Yayasan Pendidikan Islam (YAPIS) Wamena mengadakan Simposium Nasional Pendidikan Tinggi. Acara simposium mengundang Baiq Wardhani, Dosen Universitas Airlangga Surabaya.

Panelis lainnya adalah Ismail Suardi Wekke, Dosen Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Sorong. Keduanya didampingi Rudihartono Ismail, Ketua STISIP Amal Ilmiah YAPIS Wamena. Acara simposium juga menjadi awal dalam memperkenalkan Southeast Asia Academic Mobility yang disingkat SEAAM.

Dalam kesempatan tersebut, Baiq mengemukakan beberapa hal yang berkaitan dengan kondisi Papua dalam tinjauan hubungan internasional. Demikian juga analisis keamanan manusiawi (human security).

Pengelolaan alam dan juga sumber daya manusia tidak bisa dipandang hanya sebagai obyek pembangunan. Melainkan perlu dipandang sebagai subyek pembangunan.

Adapun kegiatan yang diikuti oleh dosen dan mahasiswa STISIP Amal Ilmiah YAPIS Wamena, dilaksanakan untuk menjadi awal dalam kolaborasi perguruan tinggi di Asia Tenggara. STISIP Amal Ilmiah YAPIS Wamena, STAIN Sorong, dan Univeristas Airlangga bergabung dalam kolaborasi tersebut bersama perguruan tinggi dari Thailand, Malaysia, Brunai Darussalam, dan Singapura.

Kegiatan ini mengawali beberapa hal termasuk proyeksi untuk kerjasama antara Universitas Airlangga dengan perguruan tinggi di Papua. Selanjutnya, STISIP Amal Ilmiah dan SEAAM akan melaksanakan Baliem International Higher Education Forum.

sumber : https://www.makassarterkini.com/berita/5980/stisip-amal-ilmiah-yapis-wamena-gelar-simposium-nasional

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *